Beranda Survei Daftar Anggota

PEMESANAN BUKU

Pemesanan Buku

Pemesanan Buku merupakan salah satu layanan booking untuk melakukan peminjaman buku agar buku tersebut tidak dipinjam duluan oleh orang lain. Layanan bersifat online sehingga pemesanan buku bisa dilakukan dari jauh tanpa harus langsung datang ke Perpustakaan Universitas Bina Darma.

Adapun langkah-langkah dalam melakukan Pemesanan Buku antara lain:

  1. Mahasiswa membuka website http://perpustakaan.binadarma.ac.id dan diikuti dengan mengklik daftar anggota.
  2. Mahasiswa membaca syarat dan ketentuan daftar anggota online.
  3. Lalu, klik ”klik disini”.
  4. Mahasiswa memasukkan nomor anggota dan membuat password lalu mengklik tombol aktifkan.
  5. Mahasiswa kembali ke website http://perpustakaan.binadarma.ac.id dan membuka menu OPAC.
  6. Mahasiswa memilih buku yang akan dipesan dan melihat stastus akses apakah buku tersebut dapat dipinjam atau tidak.
  7. Kemudian, mahasiswa dapat melihat detail buku dan mengklik tombol pesan sehingga buku tersebut masuk ke daftar pemesanan mahasiswa.
  8. Petugas akan mengecek buku yang dipesan oleh mahasiswa dan bisa dilihat di menu laporan koleksi yang sedang dipinjam. Buku yang sudah dipesan tidak bisa dilakukan peminjaman orang lain untuk waktu 1x24 jam.
  9. Anggota bisa mengambil buku yang dipesan untuk dipinjam ke perpustakaan dalam jangka waktu 1x24 jam. Proses peminjaman berlaku seperti proses peminjaman buku lainnya.

Berikut ini video tutorial terkait cara melakukan Pemesanan Buku: